Post Image

Dewasa ini, iklan digital dipandang lebih berhasil dalam mensukseskan kampanye penjualan dibandingkan dengan iklan cetak. Salah satu iklan digital yang sering digunakan adalah Google Adwords, dimana banyak jenis iklan Google yang bisa kamu pilih untuk kesuksesan bisnismu.

Sebagaimana yang kamu tahu, Google memiliki banyak layanan, salah satunya adalah Google Search yang menjadi satu-satunya alat pencarian internet yang paling sering digunakan orang. Dengan beriklan di Google, peluang iklan sampai ke target pasar sangat besar dan menguntungkan.

Apa Itu Iklan Google (Google Ads)

Apa sih sebenarnya Iklan Google itu? Mengapa iklan ini digemari pebisnis? Ya, Iklan Google atau Google Ads adalah platform atau media periklanan yang disediakan oleh Google, perusahaan IT ternama dunia.

Sebagaimana yang telah kamu tahu, Google memiliki banyak layanan yang nantinya bisa dijadikan tempat beriklan, misalnya saja Google Search, Gmail, Youtube, Google Translate dan masih banyak lagi. Bisa kamu bayangkan sendiri berapa juta orang yang akan melihat iklanmu dengan Google Ads.

Pastinya Ikaln Google ini memungkinkanmu bisa menjangkau lebih banyak orang dengan efektif dan efisien. Kamu cukup memahami fitur dan alur dari Google Ads, maka omset bisnis akan meningkat secara signifikan.

Lebih-lebih Iklan Google ini memungkinkanmu mengatur banyak hal agar iklanmu lebih relevan dan menjangkau banyak target pasar. Maksudnya adalah, kamu bisa secara akurat menargetkan pasar potensial, yang mana bisa berdasarkan keyword, niche, lokasi hingga waktu.

Kamu juga tidak perlu khawatir dengan biaya iklan yang membengkak, karena ada paket tertentu yang ekonomis dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan bisnis. Intinya, jika kamu ingin bisnis berkembang dan terus eksis, menggunakan Iklan Google adalah langkah tepat.

Manfaat Google Ads

1. Trafik Meningkat dan Tertarget

Salah satu manfaat menggunakan Iklan Google adalah untuk meningkatkan trafik atau pengunjung website. Trafik yang meningkat tentu sangat bermanfaat untuk bisnis, karena peluang terjadinya konversi akan jauh lebih besar.

Selain meningkatkan konversi. website bisnis yang banyak dikunjungi pengguna internet juga memungkinkanmu mendapatkan penghasilan lain. Kamu bisa mendapatkan adsense dari iklan-iklan yang terpasang di website, yang nominalnya bisa lebih dari lumayan.

2. Mendapatkan Trafik Sesuai dengan Target Bisnis

Tidak hanya mendapatkan banyak trafik, menggunakan jenis Iklan Google yang tepat juga memungkinkanmu mendapatkan pengunjung sesuai target bisnis. Maksudnya adalah, pengunjung tersebut memiliki minat untuk melakukan transaksi terhadap produk/jasa yang ditawarkan.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Misal pengunjung memasukkan keyword di mesin pencarian ‘’baju muslimah”. Nah, jika kamu menggunakan Iklan Google, website-mu akan menempati urutan teratas dalam mesin pencarian.

Selama ini, psikologi pengguna cenderung akan meng-klik hasil pencarian yang berada di urutan teratas. Karena itu, website bisnismu akan dikunjungi banyak orang yang pasti tertarik untuk membeli atau menggunakan jasa/produk yang ditawarkan.

3. Reputasi Website Meningkat

Manfaat menggunakan Iklan Google berikutnya adalah reputasi website di mata pengguna internet bisa meningkat secara signifikan. Ini karena sebagian besar pengguna internet akan langsung percaya pada kualitas website yang berada di halaman pertama Google.

Jadi ketika ingin membeli atau menggunakan produk/jasa untuk kedua kali, mereka akan langsung mengunjungi website tersebut. Menggunakan Iklan Google juga bisa menjadi langkah optimasi website di mesin pencari yang sangat efektif mendatangkan trafik dan konversi.

4. Konversi Omset Penjualan Meningkat

Menggunakan Iklan Google juga memungkinkanmu bisa meningkatkan omset penjualan, mulai dari 10% hingga 90%. Semuanya tergantung pada bujet, target keyword, bidang bisnis lainnya. Intinya, semakin banyak bujet yang kamu miliki, maka keuntungan yang didapatkan juga semakin melimpah.

5. Meningkatkan Branding Awareness

Dalam bisnis, brand memegang peranan yang sangat penting, jika brand sudah memiliki nama, maka penjualan bisa ditingkatkan dengan mudah. Masalahnya adalah jika brand-mu masih baru, tentu membutuhkan waktu yang lama untuk dikenal masyarakat.

Nah, menggunakan Iklan Google bisa membantu meningkatkan brand awareness, berkat populernya Google Search dan layanan Google lainnya. Dengan jangkauan luas, brand yang kamu usung akan lebih mudah masuk ke benak masyarakat sekaligus mendapatkan kepercayaan mereka.

6. Hemat Biaya

Iklan Google memberikan kemudahan kepada pengguna untuk memilih paket iklan yang sesuai dengan bujet. Ada tiga opsi biaya yang bisa kamu pilih, yaitu biaya per 1000 impresi, biaya per klik dan biaya per konversi. Jadi pilih opsi yang menurutmu terbaik untuk bisnis.

Jenis Iklan Google

1. Iklan Teks

Jenis Iklan Google Ads pertama adalah iklan teks, yang biasa muncul ketika kamu melakukan penelusuran di mesin pencari Google. Iklan teks ini berupa alamat link website yang terdiri satu/dua baris berwarna hijau.

Iklan Teks ini bermanfaat untuk menjangkau pelanggan yang memasukkan keyword di mesin pencarian sesuai dengan yang ditawarkan oleh website tersebut. Iklan Teks ini juga memiliki ekstensi tambahan berupa detail semisal kontak, daftar harga, katalog dan lain sebagainya.

2. Iklan Gambar

Selanjutnya ada Iklan Gambar, yang biasa kamu lihat ketika kamu mengakses website yang telah bekerja sama dengan Google. Iklan Gambar ini lebih lengkap secara visual, karena target pasar bisa melihat gambar dan keterangan dari produk/jasa yang ditawarkan.

3. Iklan Promosi Aplikasi

Selanjutnya adalah Iklan Promosi Aplikasi, yang mana biasa muncul di website yang dibuka menggunakan mobile browser, semisal Opera Mini, UC Browser, Google Chrome dan lainnya. Iklan bisa berupa teks/gambar, yang ketika di-klik akan mengalihkan pengunjung ke Google Playstore.

3. Iklan Video

Iklan Video ini biasa muncul di website partner Google atau di Youtube, yang mana menampilkan produk/jasa dalam gambar yang bergerak. Durasi Iklan Video ini berbeda-beda, salah satunya adalah yang berdurasi 8-15 detik yang mana bisa di-skip setelah berjalan 5 detik.

4. Iklan Shopping

Terakhir ada Iklan Shopping, yang bisa dimanfaatkan oleh pebisnis online shop. Iklan ini akan muncul di hasil penelusuran Google, ketika pengunjung memasukkan keyword yang sesuai dengan produk/jasa yang dijual di website tersebut.

Contoh Iklan Google

  • Iklan Teks selalu muncul di hasil teratas halaman pencarian, yang berupa link menuju website terkait beserta detail tambahan
  • Iklan Gambar, berupa gambar berbagai ukuran di website partner Google, biasanya ada tulisan Ads by Google
  • Iklan Promosi Aplikasi, berupa logo aplikasi beserta tulisan download
  • Iklan video, biasa muncul di Youtube dengan durasi bervariasi
  • Iklan Shopping, berupa gambar produk online shop yang muncul sesuai dengan keyword

Tujuan

  • Memberikan informasi terhadap produk/jasa yang dijual
  • Memunculkan citra/brand yang baik alias kecenderungan target pasar terhadap produk/jasa yang diiklankan
  • Meyakinkan masyarakat terhadap kualitas/keunggulan produk/jasa yang ditawarkan
  • Memberikan akses kepada masyarakat untuk mengetahui lebih detail tentang produk/jasa yang diiklankan

Ciri-ciri

  • Menggunakan fiksi/pilihan kata yang menarik, masuk akal, tepat dan sopan
  • Menggunakan diksi/pilihan kata yang memiliki kekuatan untuk memberikan sugesti kepada target pasar
  • Menggunakan diksi/pilihan kata yang menonjolkan informasi utama
  • menggunakan diksi/pilihan kata yang berguna untuk menunjukkan sasaran

Jenis Iklan Google di atas bisa kamu pilih sesuai dengan bujet dan target pasar yang dimiliki. Menggunakan layanan Google Ads akan sangat membantu untuk meningkatkan konversi, branding serta meraih keuntungan.

Next
Apa Itu Pemasaran Media Sosial (Social Media Marketing)?
Comments are closed.