Social Media

7 Strategi Video Shorts YouTube untuk Meningkatkan Traffic 


7 Strategi Video Shorts YouTube untuk Meningkatkan Traffic 

YouTube telah menjadi platform video terbesar di dunia digital. Bahkan YouTube menjadi salah satu pasar terbesar bagi bisnis dan influencer untuk memasarkan produk mereka dan membangun karier. Terdapat beragam fitur di YouTube yang sangat menarik biasa dikenal dengan video shorts YouTube.

Ingin tahu lebih lanjut tentang YouTube Shorts? Yuk, cari tahu lebih lanjut di bawah ini!

Apa itu YouTube Shorts? 

YouTube Shorts adalah yang fitur terbaru dalam konten video singkat yang bertujuan bersaing dengan popularitas TikTok. Mereka adalah video dengan durasi kurang dari satu menit. Biasanya YouTube Short dalam format vertikal dan ukuran. Video shorts YouTube ditujukan bagi para pembuat konten dan penonton yang menggunakan perangkat mobile.

Shorts YouTube ini hadir juga sebagai respons atas popularitas pesat konten video pendek di platform lain, terutama TikTok. Melalui durasi yang singkat, format vertikal, dan integrasi yang kuat dengan platform YouTube yang sudah ada, YouTube Shorts menjadi alternatif menarik bagi para pembuat konten untuk mengekspresikan kreativitas mereka dalam gaya yang kompak dan mudah diakses.

Selain itu, apa yang membuat fitur ini menonjol adalah akses ke audiens yang sudah ada di platform YouTube. Pembuat konten dapat dengan mudah menjangkau jutaan orang yang sudah menggunakan YouTube untuk menonton video. Ini memberi peluang besar bagi para KOL, bisnis, dan individu yang ingin membangun kehadiran mereka di dunia digital.

Keuntungan Menggunakan YouTube Shorts

Kenaikan popularitas media sosial telah signifikan dalam dekade terakhir, terutama bagi YouTube. Tentu saja, ada banyak manfaat yang beragam yang dapat diperoleh oleh siapa pun dengan menggunakan YouTube shorts untuk mengembangkan bisnis dan karier mereka. Monetisasi shorts YouTube ini dapat memberikan pertumbuhan yang signifikan, dan di bawah ini adalah beberapa contohnya:

Promosikan Saluran Anda

Penonton juga dapat berlangganan (subscribe) ke suatu saluran langsung dari sebuah Shorts. Karena Shorts adalah video yang cepat dan mudah ditonton, mereka adalah cara yang sangat baik untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan (subscribers) baru. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat beberapa video pendek yang menarik sehingga pengguna akan menemui mereka saat menjelajahi Shorts.

Ini adalah cara yang cerdas dan efisien untuk membangun basis pengikut di YouTube. Seiring dengan pertumbuhan konten video pendek, Shorts menyediakan peluang untuk menarik perhatian penonton baru yang mungkin belum mengenal saluran Anda sebelumnya. Dengan membuat Shorts yang kreatif dan menarik dapat memikat pengguna dan menjadikan mereka pelanggan setia yang akan mengikuti perjalanan konten di masa mendatang.

Buat Konten yang Diciptakan Pengguna

Jika memiliki penggemar setia yang suka berinteraksi dengan saluran merek Anda atau membuat konten sendiri, Shorts bisa menjadi cara bagus untuk bekerja sama. Ini adalah cara yang menyenangkan untuk menciptakan konten baru dan terhubung secara lebih pribadi dengan audiens. Misalnya, jika Anda membuat Short khusus untuk penggemar tertentu, kemungkinan besar mereka akan membagikannya di media sosial mereka.

Hemat Uang

Tidak memerlukan banyak biaya untuk membuat durasi video shorts YouTube satu menit, yang berarti Shorts adalah investasi yang relatif rendah untuk konten baru di saluran. Namun, jangan berpikir bahwa Shorts memerlukan sedikit usaha. Banyak YouTuber akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengedit sebuah Short daripada waktu yang digunakan untuk merekamnya. 

Ikuti Arus Perkembangan

Seperti TikTok, YouTube Shorts juga dipenuhi dengan berbagai tren yang sedang populer. Jadi, jika Anda sedang mencari ide-ide konten segar, jangan khawatir karena ada banyak tantangan, tarian, atau ide-ide populer yang bisa Anda ikuti dan jadikan inspirasi untuk konten agar video shorts YouTube trending.

Baca juga: 3 Dampak Positif Media Sosial dan Perkembangan Zamannya

Ide Konten untuk YouTube Shorts

Ketika membuat konten untuk YouTube Shorts, ada banyak jenis konten yang bisa Anda buat untuk menarik pelanggan. Salah satunya adalah konten yang bisa gunakan untuk meningkatkan eksposur bisnis. Mari kita lihat beberapa contohnya, yuk!

Melakukan Tutorial Cepat

Ini melibatkan pembuat konten yang memberikan panduan atau instruksi singkat mengenai cara melakukan sesuatu. Tutorial ini biasanya hanya memerlukan beberapa langkah sederhana atau teknik yang mudah dipahami dalam waktu singkat.

Berbagi Visual Menarik

Ini mencakup konten yang dirancang untuk menarik perhatian penonton dengan visual yang menakjubkan. Ini bisa berupa pemandangan alam yang indah, seni visual yang menarik, atau efek visual yang kreatif.

Ringkasan Blog Post yang Berperforma Baik

Dalam tipe konten ini, pembuat konten merangkum isi dari sebuah blog post yang telah berhasil atau populer. Ini memberi penonton wawasan singkat tentang informasi penting dari blog tersebut.

Memulai Tantangan

Pembuat konten mengajak penonton untuk ikut serta dalam tantangan tertentu. Tantangan ini bisa berupa tantangan tarian, tantangan komedi, atau tantangan lainnya yang menarik dan bisa dilakukan dengan cepat.

Memberikan Tips atau Trik

Pembuat konten memberikan saran atau trik mengenai topik tertentu, biasanya dalam format yang mudah dimengerti adalah ide konten yang bisa dicobai. Ini bisa berupa tips kecantikan, tips kesehatan, atau trik dalam berbagai bidang.

Berbagi Fakta Menarik

Konten ini berfokus pada berbagi fakta-fakta menarik, cerita mengejutkan, atau berita terbaru yang bisa memukau penonton. Fakta-fakta ini sering kali disajikan dengan cara yang menarik dan informatif, dan konten yang bagus untuk diterapkan.

Strategi Membuat YouTube Shorts Lebih Menarik 

Sekarang setelah kita telah melihat beberapa jenis konten yang bisa Anda buat, mari kita lihat beberapa strategi yang dapat membuat YouTube Shorts lebih menarik. Tips-tips ini penting untuk diterapkan karena dapat membantu bisnis mendapatkan lebih banyak eksposur dari audiens. Jadi, apa saja tips tersebut? Berikut adalah beberapa di antaranya!

Memanfaatkan Fitur Edit YouTube Shorts

YouTube Shorts yang menampilkan fitur seperti filter, teks, dan musik yang menarik akan lebih mencuri perhatian pemirsa saluran. Memiliki YouTube Shorts dengan tampilan visual yang unik akan menarik pemirsa, dan akhirnya, pelanggan, ke saluran YouTube Anda.

Manfaatkan Gambar Thumbnail

Selain halaman Shorts, penonton juga dapat melihat klip singkat Anda, dalam aliran mereka. Oleh karena itu, seseorang ingin memiliki gambar mini berkualitas yang disesuaikan untuk setiap Short. Gunakan gambar thumbnail yang menarik perhatian untuk meningkatkan keterlibatan. 

Optimalkan Story

Promosikan Shorts dengan menjadikannya sebagai highlight dalam fitur story. Jangan lupa untuk meminta penonton dalam cerita untuk berlangganan dan menekan tombol notifikasi di saluran Anda. Ini juga dapat mendorong mereka untuk meninggalkan komentar untuk meningkatkan keterlibatan.

Berusaha untuk Tetap Konsisten

Seperti di platform media sosial lainnya, menjaga konsistensi adalah hal yang penting dalam menggunakan Shorts. Memposting hanya satu Short per bulan tidak mungkin akan memberikan hasil yang diharapkan. Sebaliknya, buatlah jadwal mingguan dan patuhilah. 

Riset Kata Kunci 

Saat berpikir tentang membuat konten yang sukses di YouTube Shorts, salah satu elemen yang tidak boleh diabaikan adalah riset kata kunci. Riset kata kunci adalah proses yang penting dalam menentukan kata-kata atau frasa yang sering dicari oleh audiens Anda di platform tersebut.

Gunakan Hashtag

Penggunaan hashtag dalam video YouTube Shorts bisa menjadi strategi yang cerdas untuk meningkatkan visibilitas dan menjangkau lebih banyak audiens. Hashtag merupakan label yang digunakan untuk mengkategorikan dan menghubungkan video dengan konten serupa di platform YouTube.

Durasi dan Angle Video

Ketika membuat video untuk YouTube Shorts, ada dua aspek penting yang perlu dipertimbangkan, yaitu durasi video dan sudut pandang yang digunakan. Keduanya dapat memengaruhi seberapa efektif video dalam menarik perhatian dan berinteraksi dengan penonton.

Pastikan durasi shorts YouTube sependek mungkin dan ikuti format vertikal. Kedua hal ini harus dilakukan dengan kualitas tinggi agar video Anda muncul di antara yang lain, dan itulah mengapa durasi dan sudut pandang sangat penting.

Baca juga: Yuk, Kenalan Dengan Display Advertising!

Membuat Konten Youtube Shorts Menarik dengan Ertri Indonesia

YouTube telah menjadi platform yang penting bagi bisnis dalam meningkatkan pertumbuhan dan kesadaran merek. Tidak hanya itu, shorts YouTube dapat membantu semua orang untuk menghasilkan uang. 

Tetapi, tidak semudah itu untuk menarik penonton dan membuat konten yang menarik. Jika ini terus berlanjut, mungkin akan sia-sia bagi seseorang untuk mengunggah konten. Namun, jangan khawatir karena Ertri Indonesia siap membantu! Kami menyediakan layanan manajemen media sosial yang komprehensif. Tim manajemen media sosial kami akan membantu meningkatkan keterlibatan audiens dan merancang strategi pemasaran konten yang unggul.