Post Image

Kamu harus tahu, di Indonesia, sebanyak 90% pengguna internet menggunakan Google Search untuk mendapatkan informasi.

Jika kamu pebisnis, fenomena ini tentu bisa menyadarkanmu bahwa Google menjadi media iklan yang paling efektif dan efisien untuk meningkatkan branding dan omset penjualan. Namun bagaimana sih cara pasang iklan di Google Ads? Mudah, kamu bisa menyimak caranya di bawah ini.

1. Tentukan Tujuan Iklan

Sebelum mendaftarkan iklan di Google Ads, kamu harus menentukan dan yakin terlebih dahulu apakah tujuan membuat iklan di sana? Perencanaan tentang tujuan membuat iklan di Google ini sangat penting, bahkan mungkin perlu dikonsultasikan dengan pakar.

Banyak yang mengeluh dan menyimpulkan bahwa menggunakan layanan Google Ads tidak ada gunanya, padahal mereka sendiri yang salah menentukan tujuan dari awal. Ketahuilah bahwa menentukan tujuan itu penting, karena akan berpengaruh terhadap jenis Iklan Google yang akan digunakan.

2. Tentukan Tempat untuk Beriklan

Selanjutnya tentukan tempat bisnis akan diiklankan, kamu bisa memilih tempat secara spesifik sesuai dengan target pasar atau global hingga mancanegara. Google Ads memang memungkinkanmu bisa leluasa mengatur dimana iklanmu akan ditampilkan.

Apakah ini penting? Tentu saja, dari awal tentu sudah kamu pikirkan, kemanakah kamu ingin memasarkan produk/jasa tersebut? Nah, dengan menentukan lokasi sesuai target pasar, iklan tersebut akan lebih tepat sasaran, sehingga mendorong intensitas penjualan.  

3. Riset Kata Kunci

Sebagaimana yang telah kamu tahu, pengguna internet selalu menggunakan kata kunci tertentu ketika mereka ingin mencari informasi atau produk/jasa. Karena itu, kamu harus riset kata kunci terbaik, paling relevan dan paling sering digunakan oleh pengguna internet.

Jika kamu sudah riset kata kunci yang tepat, maka bukan masalah lagi bagi Google untuk memunculkan website di hasil pencarian teratas atau di website mitra Google/Adsense . Banyak tool yang bisa kamu gunakan untuk riset keyword/kata kunci, yaitu :

4. Tentukan Anggaran Biaya

Terakhir, sebelum membuat iklan di Google, kamu juga sudah harus menentukan anggaran biaya yang akan digunakan untuk proyek tersebut. Tentukan biaya sesuai dengan kapasitas bisnis yang kamu kelola, agar tidak membebani.

Jangan khawatir, biaya membuat iklan di Google sangat fleksibel, artinya banyak opsi yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan kemampuan. Namun jika kamu ingin hasil yang lebih maksimal, entah dari segi trafik maupun konversi, maka bisa menganggarkan biaya yang lebih besar.

Cara Mendaftar Iklan Google/Google Ads

Sebelum kamu bisa membuat iklan pertama di Google, kamu harus mendaftar di Google Ads terlebih dahulu. Caranya mudah, kamu bisa mengunjungi situs resmi Google Ads atau dengan mengunduh aplikasi serupa di Google Play Store.

Berikut bisa disimak cara daftar iklan di Google selengkapnya :

  • Pastikan kamu memiliki Gmail, yang berguna untuk log in atau sign up di Google Ads
  • Selanjutnya kunjungi link berikut https://ads.google.com/intl/id_id/home/
  • Selanjutnya log in menggunakan Gmail, jika sudah klik “Mulai Sekarang”
  • Sekarang masukkan alamat email dan domain website yang ingin kamu iklankan dengan Google Ads
  • Jika sudah, selanjutnya kamu bisa membuat iklan pertamamu, cara-caranya bisa disimak di subjudul berikutnya

Cara Membuat Iklan Pertamamu di Google Ads

1. Masukkan Tujuan Campaign

Setelah berhasil mendaftarkan bisnis di Iklan Google, selanjutnya masukkan tujuanmu melakukan iklan tersebut. Kamu bisa memilih beberapa opsi di bawah ini :

  • Meningkatkan penjualan
  • Meningkatkan jumlah klien
  • Website traffic
  • Product and brand consideration
  • Brand awareness
  • Promosi aplikasi, dst

2. Pilih Jenis Tampilan Google Ads

Ada 5 opsi tampilan Google Ads yang ditawarkan Google kepada penggunanya, yaitu sebagai berikut :

  • Search Ads
  • Display Ads
  • Shopping Ads
  • Video Ads
  • Universal APP Campaign

Pilih jenis iklan Google Ads yang sesuai dengan tujuan campaign, misalnya ingin meningkatkan traffic, maka bisa memilih Search Ads. Jika sudah, kamu pilih “Continue” untuk melanjutkan.

3. Pilih Lokasi dan Bahasa

Di langkah ini kamu bisa memilih lokasi dimana iklanmu akan ditampilkan dan siapa saja yang bisa melihat iklan tersebut. Karena tinggal di Indonesia, maka kamu bisa memilih Indonesia untuk target lokasi dan bahasa yang digunakan.

4. Tentukan Target Audiens

Cara mendaftar iklan di Google selanjutnya adalah menentukan audiens yang bisa menerima/melihat iklan tersebut. Kamu bisa menentukan sendiri target audiens, bisa berdasarkan demografi, pendidikan, habit, ketertarikan dengan bisnismu dan lain sebagainya.

5. Tentukan Anggaran Harian

Selanjutnya masukkan anggaran harian yang bisa kamu habiskan dalam sehari, jadi kamu tidak perlu khawatir biaya beriklan di Google Ads akan membengkak. Jika masih kurang maksimal, kamu juga bisa merubah anggaran keesokan harinya.

6. Menentukan Bidding

Selanjutnya adalah menentukan bidding, dimana kamu memiliki dua opsi :

  • Bidding dipercayakan kepada Google, dimana mereka menentukan sendiri biaya per klik
  • Mengisi nominal bidding sendiri, jika rendah, iklanmu tidak akan sering muncul, namun jika terlalu tinggi, anggara bisa habis.

Agar lebih aman, kamu bisa mempercayakan Google untuk menentukan sendiri biaya per klik.

9. Tambahkan Detail Bisnis yang Lebih Lengkap

Jika kamu ingin memaksimalkan jumlah klik, maka kamu bisa menambahkan beberapa informasi lain tentang bisnis. Misalnya saja media sosial, nomor HP hingga lokasi fisik perusahaan. Jika sudah, kamu bisa menyimpannya dengan klik “Save and Continue”

10. Masukkan Keyword

Selanjutnya masukkan kata kunci yang telah kamu siapkan, atau bisa menggunakan kata kunci yang disarankan oleh Google. Jika sudah yakin bahwa keyword sudah yang paling relevan dengan bisnis, kamu bisa klik “Save and Continue”

11. Buat Tampilan Iklan

Selanjutnya atur bagaimana iklanmu nanti akan ditampilkan oleh Google. Kamu bisa mengatur headline 1, 2, 3 hingga deskripsi 1 dan 2, preview iklan tersebut juga bisa kamu lihat di sisi kanan. Jika sudah yakin dengan tampilannya, kamu bisa klik “Save and Continue” untuk melanjutkan.

12. Masukkan Detail Penagihan

Terakhir adalah mengisi detail penagihan, dimana kolom-kolom yang harus diisi adalah sebagai berikut :

  • Negara dan Zona Waktu (agar bisa membayar dengan IDR/rupiah dan iklan bisa ditayangkan sesuai zona waktu)
  • Info Pelanggan (Pilih akun individu dan masukkan NPWP, nama, alamat, kode pos dst)
  • Cara Membayar (Kamu pilih manual jika tidak memiliki kartu kredit, yang bisa dilakukan dengan mobile banking/ATM)
  • Metode Pembayaran (Kartu Kredit, ATM. Mobile Banking)
  • Centang Persetujuan “I Agree to the Google Ads terms and conditions”

Jika sudah, kamu akan mendapatkan form rekening tagihan untuk kemudian membayarnya sesuai dengan anggaran harian yang sudah ditentukan. Setelah dibayar, iklan akan tayang jika sudah disetujui oleh Google.

Tips-tips Beriklan di Google Ads

Berikut tips sukses beriklan di Google Ads :

  • Tujuan iklan harus jelas agar sukses sesuai keinginan
  • Pilih keyword sebanyak dan se-relevan mungkin dengan bisnismu
  • Tentukan target market yang spesifik, semisal lokasi, pekerjaan, device yang digunakan
  • Semakin banyak biaya yang kamu anggarkan, tingkat keterjangkauan iklan juga semakin maksimal
  • Lakukan analisis kampanye, misalnya dengan bantuan Google Analytics

Mudah bukan cara mendaftar iklan Google? Kamu hanya harus menyiapkan beberapa hal sebelum bisa membuat iklan pertamamu. Melalui Google Ads, bisnismu akan terbantu untuk menjangkau lebih banyak target pasar, yang bisa kamu atur sesuka hati.

Next
Cara Memilih Template Website dengan Tepat
Comments are closed.