Post Image

Bisnis online itu mudah? Eit, jangan salah! Ada banyak teori dan ilmu yang wajib kamu tahu biar bisnis kamu ngga macet di tengah jalan, salah satunya adalah tentang konten marketing. Penasaran dengan pengertian konten marketing dan seluk beluknya? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Pengertian Kontent Marketing

Banyak orang bilang kalau konten marketing adalah model marketing terbaik yang ada saat ini. Wow! Keren ngga sih! Tapi, apa kamu tahu maksud dari istilah itu?

Menurut para ahli, konten marketing adalah strategi pemasaran yang melibatkan pembuatan serta distribusi konten yang relevan, bernilai, dan konsisten. Tujuan dari strategi pemasaran itu adalah untuk membuat audiens tertarik dengan produk barang, atau jasa yang kamu tawarkan.

Biar konten yang kamu buat bisa berfungsi optimal, ada tiga syarat penting yang tidak boleh dilewatkan lho. Syarat tersebut meliputi: penting, konsisten, dan relevan. Dengan kata lain, konten tidak bisa dibuat secara sembarangan ya!

Kalau kamu menulis konten, pastikan materinya penting untuk disampaikan biar audiens ngga ngerasa buang-buang waktu. Tapi penting aja ngga cukup. Konten juga harus sesuai sama bisnis kamu biar pembaca ngga bingung dengan produk yang kamu jual.

Yang terakhir, konten harus konsisten. Maksudnya, konsisten dalam hal cara penyampaian, gaya bahasa, sampai ide-ide yang disampaikan. Kalau udah begini, dijamin audiens bakalan nungguin postingan kamu yang berikutnya deh!

Macam-macam Content Marketing

Tahu tentang definisi content marketing aja ngga cukup lho buat bikin bisnis online meroket. Kamu juga wajib tahu macam-macam konten marketing yang ampuh dan paling sering dipakai sama online marketers. Langsung aja cek jenis-jenis content marketing di bawah ini ya!

  1.  Sosial Media

Kamu pasti punya akun sosial media dong, entah itu Facebook, Instagram, atau Twitter. Daripada cuma dipakai buat stalking mantan atau gebetan, kenapa ngga kamu manfaatin buat meraup pundi-pundi rupiah?

Yup, sosial media jadi salah satu wadah yang ampuh buat ngembangin bisnis. Kamu bisa posting konten pemasaran yang sesuai dengan tiga syarat yang udah disebutkan di atas lengkap dengan fotografi yang aduhai.

Semakin banyak Iike dan follower yang kamu dapat, semakin besar pula kesempatan kamu buat mengembangkan bisnis. Pastikan kamu juga belajar tentang cara menulis konten yang catchy biar audiens tertarik untuk terus stalking akun socmed kamu ya!

  • Blog

Kamu tahu ngga? Ternyata blog menjadi bentuk content marketing yang paling fundamental lho! Pasalnya, blog bisa kamu pakai buat menuangkan informasi dan ide secara lengkap. Jadi, audiens ngga perlu cari-cari info ke tempat lain karena semua yang dicari sudah tertuang dalam satu artikel.

Yang menarik, blog juga bisa jadi investasi jangka panjang karena tingkat ketahanannya yang tinggi dibanding bentuk konten lainnya. Bahkan menurut penelitian, konten blog bisa bertahan sampai dua tahun. Keren!

  • Email

Email jadi salah satu jenis content marketing yang tidak boleh kamu lewatkan. Dibandingkan sosial media seperti Facebook atau Twitter, penggunaan email untuk tujuan marketing punya efektivitas yang jauh lebih tinggi, bahkan sampai 40 kali lipat lho. Kebayang dong gimana praktisnya!

Bentuk konten yang bisa kamu kirim melalui email bisa bermacam-macam. Contohnya, kamu bisa bikin email promosi, newsletter, atau email pengingat shopping cart. Pastikan kamu pakai bahasa yang menarik ya biar lebih engaging.

  • Ebook

Kalau artikel blog atau email ngga cukup buat konten yang kamu bikin, kamu bisa coba pakai ebook. Bentuk konten marketing yang kece ini cukup bisa diandalkan karena dapat memuat informasi yang jauh lebih banyak dengan format menarik.

Yang lebih menarik, kamu bisa bikin syarat yang mengharuskan orang yang ingin mengunduh ebook agar memasukkan email mereka. Dengan begitu, kamu juga bisa menggunakan email buat media promosi di masa mendatang. Praktis kan?

  • Video

Bosen sama konten tulisan yang itu-itu aja? Tenang, kamu bisa beralih ke video juga kok. Konten marketing yang satu ini cocok banget buat audiens yang malas buat baca postingan panjang-panjang.

Video juga bisa bikin pengunjung menghabiskan waktu lebih lama di laman kamu lho. Kabar baiknya, Google juga bakalan ngasih nilai bagus di laman atau blog kamu. Kurang apa lagi coba?

Fungsi Content Marketing

Sekarang kamu udah tahu dong apa itu konten marketing dan jenis-jenisnya. Tapi, apa kamu tahu apa fungsi sebenarnya dari content marketing?

Ternyata konten marketing ngga cuma berfungsi buat pemasaran lho. Ada banyak fungsi lain yang mungkin belum kamu tahu. Yuk simak di sini.

  1. Membangun Identitas Brand

Ternyata ngga cuma manusia yang butuh identitas. Buat kamu yang meluncurkan brand sendiri, membangun identitas brand jadi hal yang wajib dilakukan. Semakin banyak orang yang tahu tentang brand kamu, semakin besar peluang buat mengembangkan bisnis.

  • Membangun Koneksi dengan Pelanggan

Konten marketing juga bisa berfungsi untuk membangun hubungan yang baik dan terpercaya dengan pelanggan. Cara ini sangat ampuh lho biar pelanggan ngga berpindah ke lain hati. Tapi, kamu harus pastikan konten yang kamu buat sesuai dengan segmentasi konsumen.

  • Meningkatkan Penjualan

Pastinya ini fungsi yang kamu harapkan yaa. Konten yang menarik bisa menambah konversi audiens jadi konsumen. Artinya, tingkat penjualan produk barang atau jasa kamu bisa meningkat juga.

  • Menghasilkan Lebih Banyak Traffic Web

Semakin banyak pengunjung di website atau sosial media kamu, semakin besar pula kesempatan buat meraup pundi-pundi rupiah karena meningkatnya penjualan. Jadi, jangan remehkan fungsi content marketing yang satu ini.

Keunggulan Kontent Marketing

Setelah memahami pengertian konten marketing, pertanyaan yang sering muncul adalah menapa harus Kontent marketing? Bisa ngga pakai strategi marketing yang lain?

Konten marketing mendapat julukan sebagai model marketing terbaik saat ini bukan tanpa alasan lho. Ada berbagai keunggulan yang dimiliki oleh strategi marketing ini. Apa saja ya?

  1. Konten yang Lebih Beragam

Jika pemasaran konvensional biasanya cuma punya 3 sampai 5 versi pesan, content marketing bisa mendukung lebih dari 50 konten yang unik dan menarik setiap bulannya. Dengan kata lain, brand kamu bisa punya kesempatan lebih besar buat menjangkau konsumen sesuai segmentasinya.

  • Performa Terukur

Keunggulan lain yang bisa kamu dapetin dari content marketing adalah performa yang lebih terukur, jadi konten bisa dioptimalkan. Dengan optimalisasi media digital, kamu bisa mengukur performa tiap konten secara berkala, baik dari reaksi, konversi, atau tingkat kunjungan.

  • Efisien

Yang paling menarik, content marketing jauh lebih efisien dari segi biaya dibanding marketing konvensional seperti iklan. Kamu tidak perlu bayar mahal-mahal buat iklan yang belum tentu dilihat sama orang. Juara deh pokoknya!

Sekarang kamu sudah tahu kan pengertian konten marketing dan seluk beluknya? Sudah siap dong buat membangun bisnis online? Biar lebih handal, jangan lupa belajar cara membuat konten yang baik dan menarik biar bisa membangun engagement dengan audiens. Selamat mencoba!

Next
Pengertian SEO On Page