Post Image

Apakah website yang kamu miliki tidak memberikan kontribusi yang diharapkan terhadap bisnis yang kamu miliki? Jika Iya, salah satu penyebabnya bisa karena kamu tidak mengelola konten di situs web tersebut dengan baik. Dengan begitu, kamu wajib tahu bagimana mengelola konten situs web.

Jangan salah ya, website yang profesional dari segi front end dan back end memang penting, namun konten yang berada di dalam website tersebut juga jangan sampai dilupakan. Konten sebisa mungkin dikelola dengan baik, karena konten ini lah yang dicari-cari oleh pengguna internet dan pengunjung.

Apa Itu Konten Website?

Apa sih sebenarnya konten website itu? Konten website adalah segala hal yang bisa dilihat oleh pengunjung dalam sebuah website, bisa berbentuk video, foto, artikel, audio dan masih banyak lagi. Konten website juga berupa informasi yang dicari pengguna ketika mengakses sebuah website.

Kualitas sebuah website dalam mesin pencari memang penting, namun tetap harus diiringi dengan konten-konten yang baik dan terus diperbarui. Website yang kamu kelola bisa saja cepat mendatangan traffic, namun jika kontennya jarang di-update maka tidak ada artinya lagi.

Ketika mengunjungi website, kamu tentu ingin mendapatkan informasi tertentu dengan akurat, terupdate, bisa dipertanggungjawabkan, dan hal-hal baik lainnya. Tidak bisa dipungkiri, konten website telah menjadi nyawa dari tingkat kebermanfaatan website tersebut bagi bisnis.

Website bisa menjadi wadah informasi tentang bisnis yang sangat efektif misalnya, jadi harus dikelola dengan baik, salah satunya dengan meningkatkan kualitas konten website. Dari sanalah pengunjung bisa mendapatkan informasi dengan akurat tentang produk/jasa yang mereka butuhkan.

Mengapa Konten Situs Web Harus Dikelola?

1. Untuk Memperkuat Branding

Sudah bukan rahasia lagi jika website bisa menjadi alat branding yang efektif karena jangkauannya yang luas. Dengan adanya internet, setiap orang di seluruh dunia bisa melihat websitemu, dengan catatan mereka mengetikkan keyword yang relevan dengan produk/jasa yang kamu jual.

Namun ingat, brand awareness di atas tidak bisa kamu dapatkan jika konten website masih seadanya. Karena itu, jangan lupa untuk memperbaiki konten dan meningkatkan kualitasnya secara berkala, agar pengunjung betah berlama-lama browsing konten website.

2. Untuk Meningkatkan Konversi

Konversi adalah keadaan ketika pengunjung website tertarik dengan produk/jasa yang kamu tawarkan untuk kemudian melakukan transaksi. Konversi pengunjung menjadi pembeli ini sangat penting, karena di situ lah letak dimana kamu mendapatkan profit dari bisnis.

Terus bagaimana meningkatkan konversi dengan konten website? Mudah, buat mereka tertarik dengan konten-konten website yang disajikan di website tersebut. Jika mereka tertarik dan percaya dengan konten yang ditampilkan, maka mereka tidak akan ragu lagi melakukan transaksi.

3. Untuk Meningkatkan Reputasi Website di Mesin Pencari

Mengelola konten website dengan baik memungkinkan website tersebut mendapatkan reputasi yang oke di mata pengguna internet. Dengan reputasi yang baik tersebut, website akan selalu konsisten berada di halaman teratas dalam hasil pencarian.

Karena pengguna internet cenderung langsung mengklik website di urutan teratas, maka trafik website juga akan meningkat dengan pesat. Hasilnya, peluang konversi juga akan semakin besar sehingga menyebabkan peningkatan pada penjualan.

4. Untuk Memberikan Informasi Ter-update

Alasan mengapa konten website harus dikelola berikutnya adalah agar pengunjung selalu mendapatkan konten yang paling baru. Kamu harus tahu, dunia dan teknologi berjalan dengan cepat, yang relevan minggu lalu tidak berarti masih relevan hari ini.

Trend semacam ini membuat pengunjung mengharapkan update yang rutin dari sebuah website. Jadi jika kamu tidak ingin pengunjung lari dari, maka mulai kelola konten website dengan terus meng-update informasi terbaru nan akurat.

Bagaimana Mengelola Konten Situs Web?

1. Update Konten Secara Berkala

Cara mengelola konten website yang baik pertama adalah dengan rajin melakukan update konten secara berkala. Agar website tersebut berkontribusi terhadap bisnismu, usahakan untuk selalu konsisten meng-upload konten terbaru, bisa dalam bentuk artikel, video, gambar dan lain sebagainya.

Tidak hanya sembarang konten, usahakan yang kamu upload masih memiliki keterkaitan dengan bisnismu. Cari topik apa saja yang digemari pengguna internet agar trafik meningkat, misalnya saja tips dan trik, topik viral dan masih banyak lagi.

2. Perhatikan Mutu Konten

Selain meng-upload konten yang secara umum disukai masyarakat banyak, pastikan juga bahwa konten tersebut memiliki mutu terbaik. Jangan upload konten yang tidak bermanfaat, bertele-tele, bahkan konten-konten yang tidak relevan dengan bisnismu.

3. Perhatikan Teknis Penulisan

Konten sudah bermanfaat, terupdate dan disukai pengunjung tetap harus diikuti dengan teknis penulisan yang baik sesuai kaidah. Jangan salah, artikel website yang ditulis dengan sembarangan akan membuat pengunjung ilfeel, yang membuat mereka lari dan tidak kembali.

Kemampuan literasi mempengaruhi kualitas dari perusahaan yang bersangkutan. Jadi jangan sampai citra bisnismu rusak gara-gara tidak paham teknis penulisan yang baik dan benar. Karena itu, terus check dan recheck sebelum meng-upload-nya di situs.

4. Sediakan Kolom Testimoni

Proses mengelola konten situs web yang baik berikutnya adalah dengan menyediakan kolom testimoni, dimana pelanggan bisa bebas mengeluarkan kesan, pesan hingga keluhan. Selain bahan promosi yang baik, testimoni pelanggan juga bisa dijadikan cambuk untuk memperbaiki kualitas.

5. Lakukan Interaksi dengan Pengunjung

Jika bisnismu bergerak dalam bidang pengadaan produk dan jasa, maka berinteraksi dengan pengunjung internet sangatlah penting, bisa melalui kolom komentar dan atau chat. Jangan lupa untuk selalu cepat tanggap dan responsif, agar calon pelanggan potensial tidak kecewa dan kabur.

6. Be Creative!

Menjadi kreatif dan variatif berikutnya adalah solusi bagaimana mengelola konten situs website yang tepat dan menguntungkan. Jadi jangan melulu update artikel saja, sesekali juga harus diselingi dengan video maupun animasi yang menarik.

Jangan khawatir, sekarang website banyak yang memperbolehkan user-nya untuk upload video dan animasi. Tidak bisa dipungkiri, pengunjung cenderung lebih suka melihat informasi langsung dari video daripada membacanya di artikel. Intinya, lakukan variasi agar pengunjung tidak bosan.

7. Buat Judul Semenarik Mungkin

Judul yang menarik bisa membuat pengunjung tidak ragu untuk membaca artikel dalam suatu website. Karena itu, usahakan untuk membuat judul yang eye catching dan mengundang rasa penasaran pengunjung, yang penting tidak bombastis dan berlebihan/clickbait.

8. Gunakan Teknik Piramida Terbalik saat Menulis Artikel

Maksudnya adalah, sajikan informasi penting di lokasi yang gampang di dilihat oleh pengunjung untuk kemudian menulis keterangan tambahan di bawahnya. Mustahil bagi pengunjung untuk membaca seluruh artikel, jadi berikan highlight di poin yang mayor/penting.

9. Tambahkan Gambar dan Infografis

Jangan lupa untuk menyisipkan gambar dan atau infografis ketika kamu membuat artikel. Dengan gambar/infografis, artikel juga terkesan lebih akurat. Gambar dan infografis ini juga memudahkan pengunjung dalam menemukan informasi yang mereka inginkan dengan cepat.

10. Update Tampilan Website Secara Berkala

Terakhir, gonta-ganti tampilan/tema website juga perlu dilakukan, agar pengunjung terkesan bahwa website yang kamu kelola selalu adaptif dan mengikuti perkembangan zaman. Website yang dinamis juga akan terkesan hidup/ada pengelolanya, jadi pengunjung tidak akan ragu melakukan transaksi.

Di atas adalah cara tentang bagaimana mengelola konten situs web yang baik dan benar. Kamu butuh mengelola website dan terus melakukan update terjadwal agar website tersebut memiliki banyak traffic, dan meningkatkan SEO di SERP.

Next
Cara Pembayaran Facebook Ads
Comments are closed.