Post Image

Kamu tentu sudah tahu dengan influencer, sosok yang memiliki banyak followers di media sosial. Namun sekarang kamu juga harus tahu pengertian key opinion leader, strategi marketing yang mirip dengan influencer marketing.

Di era digital ini, bekerja sama dengan key opinion leader juga sangat ampuh untuk bisnis, khususnya dalam misi mendekatkan bisnis ke masyarakat untuk mendapatkan kepercayaan mereka. Nah, di bawah ini kamu bisa mempelajari tentang key opinion leader dan perbedaanya dengan influencer.

Apa itu Key Opinion Leader (KOL)?

Jadi apa sih sebenarnya pengertian key opinion leader? key opinion leader bisa diartikan sebagai seseorang yang ahli dalam bidang tertentu. Saking ahlinya, setiap opini yang dikemukakan oleh sosok tersebut dianggap sangat valid, kredibel dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Berbeda dengan influencer yang bisa berasal dari sosok yang sangat random (yang penting memiliki followers yang banyak), key opinion leader adalah sosok yang sangat ahli dalam bidang yang digelutinya.

key opinion leader ini tidak terbatas dan bisa berasal dari berbagai bidang, misalnya saja olahragawan, aktor, koki dan seterusnya. Kamu tinggal pilih key opinion leader yang paling cocok dengan bisnis agar efektif meningkatkan omset dan branding.

Perbedaan Key Opinion Leader dengan Influencer

Keahlian

Jika diperhatikan sekilas, key opinion leader dan influencer sangat mirip, namun begitu ada beberapa hal yang membedakan dua hal ini. Key opinion leader lebih ke seseorang yang ahli dalam bidang tertentu, sehingga apa yang dia katakan atau lakukan dianggap valid dan dapat dipercaya.

Influencer sendiri lebih ke sosok populer di media sosial, indikatornya terletak pada jumlah pengguna yang mengikuti akun mereka. Influencer bisa siapapun, tidak mengharuskan ahli dalam bidang tertentu karena yang jadi tolok ukur adalah jumlah follower di media sosial.

Keaktifan di Media Sosial

key opinion leader tidak harus selalu aktif dan update di media sosial, meski ada beberapa dari mereka yang memiliki akun di Instagram, Youtube dan platform lainnya. Jika dibandingkan, intensitas waktu mereka lebih banyak dihabiskan di dunia nyata.

Berbeda dengan influencer, yang sangat tergantung dengan media sosial, bisa kamu lihat sendiri bahwa mereka juga sangat aktif membagikan kesehariannya di platform digital tersebut. Begitulah cara mereka berinteraksi dengan menjangkau target pasar (sesuai dengan brand partner)

Tujuan

Tujuan bekerja sama dengan key opinion leader dan influencer sama, yaitu untuk memajukan bisnis dan meraih banyak keuntungan. Namun begitu, key opinion leader dipandang lebih ke cara mendapatkan kepercayaan dan brand awareness kepada masyarakat.

Misalnya saja kamu menjual peralatan olahraga dan menggandeng kkey opinion leader dalam bidang olahraga, maka masyarakat akan percaya kepada brand yang kamu tawarkan. Kepercayaan masyarakat ini lah yang terpenting, yang bisa mendorong mereka melakukan transaksi.

Meski bekerja sama dengan influencer juga bisa meningkatkan keterjangkauan brand, namun peran mereka lebih ke meningkatkan jumlah penjualan. Melalui jumlah follower mereka yang banyak, diharapkan penjualan bisa meningkat dengan pesat dan menguntungkan bisnis.

Tugas dan Fungsi Key Opinion Leader

Mempengaruhi Masyarakat dengan Opininya

Tugas dan fungsi key opinion leader (KOL) pertama adalah untuk mempengaruhi khalayak ramai dengan opini maupun tingkah lakunya. Dengan opini yang valid, diharapkan masyarakat terpengaruh untuk membeli dan menggunakan produk/jasa yang dipromosikan.

Mengenalkan Brand kepada Masyarakat

Berikutnya, key opinion leader juga sangat efektif untuk mengenalkan sebuah brand kepada masyarakat. Jika brand milikmu masih belum terkenal, menggandeng key opinion leaderakan meningkatkan brand awareness, lebih-lebih jika KOL tersebut terkenal dan memiliki banyak followers.

Memiliki brand yang kuat dan mengakar sangat penting, terutama untuk mengalahkan brand milik kompetitor. Jika branding kuat, masyarakat akan langsung ingat kepada produk dan jasa yang kamu jual ketika mereka membutuhkannya.

Membantu Mendapatkan Kepercayaan Masyarakat

Jika Chef Juna mengatakan opininya tentang resep, rasa makanan atau peralatan masak tertentu, pasti akan lebih dipercaya oleh masyarakat daripada chef yang tidak memiliki nama. Kepercayaan masyarakat ini lah yang kamu butuhkan jika ingin bisnis berkembang dan sukses.

Kelebihan Menggunakan Key Opinion Leader

Jangkauan Luas

Banyak pebisnis yang beralih menggunakan iklan digital karena jangkauannya yang lebih luas berkali-kali lipat dibandingkan dengan media iklan konvensional. Internet memang membuat segala batas fisik jadi menyempit, dimana siapapun dapat mengakses sesuatu kapan dan di mana saja.

Hal di atas jika dikombinasikan dengan key opinion leader akan menjadi strategi marketing yang sangat efektif untuk bisnis. Pastinya, produk dan jasa yang kamu tawarkan melalui KOL ini akan menjangkau banyak orang berkat keahlian/popularitas KOL plus teknologi internet.

Produk/Jasa Menjadi Pusat Perhatian

Kelebihan menggunakan jasa key opinion leader berikutnya adalah produk/jasa yang kamu jual akan menjadi pusat perhatian. Bayangkan sendiri jika sosok ahli dan populer mempromosikan bisnismu, tentu akan semakin banyak masyarakat yang tahu akan produk/jasa tersebut.

ROI

Menggunakan jasa key opinion leader juga membuka peluang ROI atau balik modal dengan cepat. Dengan jangkaun luas dan popularitas KOL, produkmu akan dibeli banyak orang hanya dalam waktu yang singkat, jadi modal awal dijamin bisa diamankan.

Tidak hanya itu, bekerja sama dengan key opinion leader juga berpotensi memberikan keuntungan berkali-kali lipat. Ini adalah kampanye jangka panjang, asal kamu selalu konsisten meningkatkan kualitas produk/jasa, konsumen baru akan bertambah dan konsumen lama semakin setia.

Meningkatkan Traffic Website

Jika kamu memiliki website bisnis, menggandeng key opinion leader juga bisa meningkatkan jumlah pengguna internet yang berkunjung ke website tersebut. Jadi selain mempromosikan produk/jasa, mereka juga bisa menyebutkan website untuk informasi yang lebih lengkap.

Seperti yang telah kamu ketahui, jumlah traffic penting bagi website, karena bisa membuat reputasinya menjadi lebih baik di mesin pencari. Traffic website yang membludak juga bisa meningkatkan peluang konversi, penjualan sekaligus omset dengan signifikan.

Menjangkau Target Pasar

Biasanya seseorang mengikuti KOL karena mereka keterkaitan yang sama dengan KOL tersebut. Seseorang yang menyukai sepak bola dan hobi memainkannya, kemungkinan besar juga mengikuti pesepakbola favorit di media sosial.

Keterkaitan dan ketertarikan yang sama ini lah yang terpenting, karena jaminan target pasar yang tepat telah dicapai. Jadi, ketika kamu menggunakan key opinion leader marketing, peluang produk atau jasa dilirik target pasar sangat besar.

Meningkatkan Follower

Sekarang ini, banyak brand terkenal yang memiliki akun di banyak platform media sosial, semisal Facebook, Instagram, Twitter hingga Youtube. Cara ini harus kamu tempuh jika ingin mengembangkan bisnis dan memenangkan persaingan dengan kompetitor.

Nah, bekerja sama dengan key opinion leader juga bisa meningkatkan jumlah followers akun bisnis di media sosial. Jadi, sekarang target pasar otomatis berada di dalam genggaman, yang akan memudahkan berinteraksi sekaligus memberikan promo dan informasi terbaru.

Dengan memahami pengertian key opinion leader serta perbedaannya dengan influencer di atas,  kamu bisa memutuskan menggunakan strategi marketing yang mana. Intinya, sesuaikan dengan tujuan, apakah ingin lebih meningkatkan penjualan atau ingin brand lebih merasuk ke masyarakat.

Next
Dasar Istilah Website Structure
Comments are closed.