Post Image

Kamu punya website? Pasti pengen dong bikin pengunjung betah berlama-lama di website kamu. Ngga perlu ribet! Cukup pelajari cara memilih template website yang tepat biar tampilan terlihat lebih catchy. Alhasil, pengunjung bakalan enggan beranjak dari situs kamu.

Eh, tapi tunggu dulu! Memilih template website bukan perkara mudah lho. Banyak pemilik website di luar sana yang kebingungan buat menentukan template yang tepat. Biar kamu ngga pusing, cari tahu info lengkap tentang cara memilih template berikut ini.

Jenis Template Website

Sebelum mempelajari cara memilih template yang tepat buat website, ada baiknya jika kamu tahu jenis-jenis template. Secara garis besar ada dua jenis template yang wajib kamu tahu, yaitu template statis dan template WordPress. Apa ya perbedaan antara keduanya? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Template statis

Sesuai dengan namanya, jenis template yang satu ini bersifat statis karena sulit untuk diubah. Untuk menampilkan desain dan konten situs kamu, template statis memakai kombinasi HTML dan CSS. Beberapa template statis juga memakai JavaScript lho, terutama untuk fitur slideshow.

Cara membuat template ini cukup mudah, terutama buat kamu yang belum punya banyak pengalaman dalam membuat website. Dengan kata lain, template ini cocok banget buat para pemula yang ingin membuat tampilan situsnya kelihatan kece abis!

Template statis punya banyak kelebihan lho. Yang paling menonjol adalah tidak butuh banyak pemeliharaan dan persyaratan yang rendah. Meskipun begitu, jenis template ini juga punya sejumlah kekurangan seperti tidak ada fitur tambahan serta sulit diperbarui terutama buat pemula.

Template WordPress

Kalau template statis sangat sulit diubah, lain halnya dengan template WordPress. Jenis template yang satu ini dibangun dengan bahasa pemrograman MySQL dan PHP, jadi sifatnya lebih dinamis. Singkatnya, kamu bakalan lebih mudah untuk memperbarui template ini deh!

Selain mudah diperbarui, template WordPress juga menyediakan ribuan template website gratis untuk dipakai di situs kamu lho! Kalau kamu pengen mengubah warna, tata letak, atau jenis front, bisa banget! Sayangnya, template jenis ini butuh pemeliharaan ekstra biar tetap up to date.

Fungsi Template Website

Kenapa sih website harus pakai template? Gimana jadinya kalau sebuah website ngga memakai template sama sekali? Kalau kamu punya pertanyaan yang sama, coba deh simak penjelasan di bawah ini.

Sebelumnya kamu perlu tahu bahwa template itu bisa diibaratkan sebagai bakal calon dari website yang kamu punya. Tampilan akhir dari website kamu bakalan terlihat seperti template yang kamu pilih, mulai dari layout, font, warna, dan lain sebagainya.

Lantas, apa dong fungsi dari template tersebut? Tentu saja fungsi yang paling utama adalah untuk mengatur tampilan situs sesuai dengan struktur, desain, serta layout yang kamu inginkan. Tapi, fungsi template website ngga hanya itu lho.

Template website juga berfungsi untuk membuat situs terlihat lebih hidup dan user-friendly. Pasalnya, kamu bisa memilih berbagai jenis tema yang sesuai dengan konsep website. Pasti bikin pengunjung jadi betah deh!

Selain itu, template website juga bikin pengunjung ngga pusing untuk mencari apa yang mereka inginkan. Tentu saja! Dengan layout yang tersusun rapi, mereka bisa lebih nyaman saat berkunjung ke situs kamu.

Yang terakhir, template website juga bisa membuat situs kamu terlihat up to date. Kalau kamu download template, otomatis kamu akan dapat support untuk berbagai perubahan di masa yang akan datang.

Mengapa Kita Harus Memilih Template Website yang Tepat?

Buat kamu yang masih ragu kenapa harus memilih template website yang tepat, coba deh simak beberapa alasan berikut ini:

Agar website terlihat lebih menarik

Udah jelas dong kalau template website yang tepat bisa menambah nilai estetika dari situs kamu. Kalau website udah kelihatan bagus, kamu jadi punya nilai tambah di mata pengunjung. Alhasil mereka bakalan ngga segan-segan untuk mengunjungi website kamu di kesempatan berikutnya.

Untuk meningkatkan traffic pengunjung

Percaya ngga? Website yang kelihatan amburadul dan ngga tertata rapi pasti bakalan sepi pengunjung. Lain halnya dengan situs yang punya layout rapi, tema sesuai konsep, dan kelihatan menarik. Ujung-ujungnya website kamu bakalan kebanjiran pengunjung. Mau banget kan?

Representasi konsep website secara keseluruhan

Memilih template yang tepat itu penting lho, apalagi buat kamu yang sedang membangun personal branding. Dengan memilih template sesuai dengan konsep yang kamu usung, pastinya pengunjung akan lebih mudah untuk mengenali kamu.

Praktis

Kalau kamu ngga punya banyak waktu untuk mendesain website, menggunakan template bisa jadi pilihan yang tepat! Kamu ngga perlu mendesain semuanya dari awal. Cukup pilih template gratis yang bisa mewakili karakter kamu dan Voila! Website kamu akan terlihat lebih profesional dan user-friendly.

Cara yang Tepat Memilih Template Website

Udah tahu kan gimana pentingnya memilih template yang tepat? Nah, sekarang pertanyaan lain muncul dong! Bagaimana cara memilih template website yang baik biar kamu ngga salah pilih? Tenang, tips berikut ini akan menjawab seluruh keingintahuan kamu tentang cara memilih template yang tepat.

Temukan sumber terpercaya

Hal paling pertama yang perlu kamu lakukan adalah menemukan sumber template terpercaya. Carilah provider yang populer dan sudah terbukti terpercaya untuk menyediakan berbagai jenis template website. Jangan coba-coba cari template dari situs abal-abal ya!

Tentukan jenis situs yang ingin dibangun

Sebelum memilih template, pastikan kamu sudah tahu jenis situs yang ingin kamu bangun. Misalnya, website portal berita pasti sangat berbeda dengan website bisnis dong! Mengenali kebutuhan kamu sangat penting lho, agar template yang kamu pilih bisa mengakomodasi seluruh kebutuhan tersebut.

Sesuaikan template dengan fitur

Kamu pengen menaruh video, postingan terkait, atau map di website? Pilih template yang menyediakan fitur yang kamu butuhkan ya! Beberapa fitur yang wajib ada di setiap template antara lain responsive, header navigation, related post, dan recent post. Untuk yang lainnya bisa kamu sesuaikan!

Pertimbangkan dukungan pelanggan

Saat kamu memilih template, pastikan provider menyediakan customer support ya! Dengan adanya layanan ini, kamu ngga perlu khawatir kalau sewaktu-waktu website mengalami masalah. Tinggal hubungi customer support, provider akan siap mengatasi masalah yang sedang kamu alami.

Pertimbangkan kecepatan

Tips terakhir saat memilih template yang tepat adalah dengan mempertimbangkan kecepatan. Pastikan template kamu bisa diakses dengan cepat oleh pengunjung. Ngga mau kan mereka berpindah ke website lain hanya karena situs kamu punya loading yang lama.

Karena kamu udah tahu fungsi template dan cara memilihnya, kini saatnya untuk mengetahui cara membeli template website. Secara umum, kamu hanya perlu memilih template yang diinginkan kemudian klik tombol beli dan lakukan pembayaran dengan kartu. Simpel banget kan?

Tunggu apa lagi? Setelah tahu cara memilih template website dan cara membelinya, sekarang waktunya bagi kamu untuk upgrade website dengan template yang tepat.

Jika Anda kesulitan dalam membuat Website, Anda bisa menghubungi Ertri Indonesia melalui Whatsapp Atau melalui Contact Form.

Next
Memahami Analisis Konten Media Sosial