Content Pillar adalah Langkah Mudah untuk Membuat Konten

Content marketing adalah strategi yang penting diterapkan untuk memasarkan bisnis Anda. Namun sebelum itu, kita harus tahu apa itu content pillar? Content pillar adalah bagian penting dari pemasaran konten, karena akan memandu Anda dalam membuat konten yang diinginkan untuk memasarkan produk ke audiens yang tepat.

Mari kita lihat bagaimana pilar konten dapat membantu tim marketing Anda mengembangkan bisnis!

Apa itu Content Pillar?

Content pillar adalah panduan, atau rencana yang terdiri dari informasi penting dari strategi konten untuk pemasaran Anda. Satu-satunya tujuan pilar konten adalah untuk memberikan Anda  informasi yang komprehensif sehingga konsumen yang membaca atau melihat konten yang Anda pasarkan dapat ditemukan di satu tempat. Contoh content pillar adalah pembahasan konten-konten seperti artikel atau video di sosial media. 

Biasanya, pilar konten punya 3 sampai 5 topik atau tema penting yang berfungsi sebagai prinsip panduan untuk pembuatan konten merek. Content planning juga termasuk dalam konten pilar. Content plan adalah dokumen tertulis untuk mengelola pelaksanaan strategi ini. Content plan membantu membuat pilar konten lebih tepat dan spesifik.

Pedoman konten pilar memastikan bahwa konten yang dihasilkan menjaga konsistensi dan relevansi dengan audiens target. Konten yang terstruktur dengan baik berfungsi sebagai demonstrasi kalo konten relevan dan punya kualitas tinggi. Oleh karena itu, konten pilar adalah basis untuk membentuk konten untuk pemasar. 

Pentingnya Content Pillar dalam Membuat Konten

Pentingnya pilar konten terletak pada bisnis memungkinkan tim marketing untuk target niche audiens. Berkonsentrasi pada konten tertentu, perusahaan dapat secara efektif menargetkan audiens dan mempercepat pertumbuhan bisnis.

Selain itu, pilar konten memfasilitasi perencanaan konten media sosial. Hal ini dicapai karena pilar konten bisa dipakai secara strategis dan efektif oleh tim media sosial untuk mereka membuat kalender konten di bulan yang akan datang. 

Ketika tim konten mengalami kesulitan dalam menghasilkan ide, mereka dapat mengambil referensi dari konten bank yang ada sebelumnya. Oleh karena itu, konten pilar sangat penting diterapkan saat membuat pemasaran konten. 

Baca Juga: 3 Dampak Positif Media Sosial dan Perkembangan Zamannya

Jenis-jenis Content Pillar 

Saat Anda memasarkan produk atau layanan, ada berbagai jenis konten yang Anda dapat publikasikan. Berikut adalah beberapa jenis pilar konten.

Promotional 

Promotional konten adalah jenis pertama dari konten pilar. Konten ini dirancang untuk membangkitkan minat di antara pengikut untuk membeli produk atau layanan. Sangat penting bagi perusahaan untuk mengembangkan konten yang khas dan imajinatif untuk memikat perhatian audiens mereka.

Selain itu, konten promotional dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk menampilkan manfaat dan keunggulan penawaran mereka dibandingkan dengan produk pesaing.  Salah satu contohnya adalah produk S-Pen dari perusahaan Samsung. Dalam konten promotional iklan mereka, Samsung mengatakan bahwa S-Pen cocok digunakan untuk bermain, bekerja, dan belajar. 

Entertainment

Penonton tertarik pada narasi yang menarik dan membangkitkan semangat, itulah sebabnya konten entertainment adalah bagian dari jenis content pillar social media. Konten tersebut mencakup anekdot lucu, materi berbasis meme, atau hadiah, yang semuanya bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan merek dengan pengikut sosial media.

Sebagai content pillar contoh adalah Netflix secara rutin membagikan beragam meme lucu dengan caption yang menarik.

Educational

Ketika bisnis Anda meluncurkan produk, kita perlu menyajikan konten educational mengenai fitur, manfaat, dan cara pakai produk tersebut. Ini dapat mengatasi masalah yang dihadapi oleh pelanggan, dan memberi informasi penting ke mereka.

Sebagai contoh, Ahrefs, sebuah perusahaan yang menjual produk terkait SEO, bikin konten educational di YouTube mengenai tips SEO untuk mendidik audiens yang ada potensi untuk jadi konsumen.

Agile

Agile content adalah konten yang terkait dengan isu yang sedang tren, atau tentang sesuatu yang sedang viral. Topiknya bisa tentang tanggal besar, hari keagamaan, atau hari kebangsaan. Contohnya adalah konten terkait tentang Hari Raya Idul Fitri, atau Hari Natal.

Conversational

Conversational adalah konten yang memberi pelanggan Anda kesan bahwa mereka terlibat dalam percakapan langsung dengan merek Anda. Inti dari konten conversational terletak pada konsep customer journey, dan bikin konsumen merasa dihargai. Contohnya seperti konten tentang giveaway, atau survey. 

Terkadang, menghasilkan konten yang terkait dengan customer journey dapat meningkatkan kemungkinan melakukan pembelian atau mencapai konversi. 

Manfaat Menggunakan Content Pillar dalam Membuat Konten

Menggunakan pilar konten sangat berguna untuk bisnis Anda. Lalu apa saja manfaat pilar konten? Mari kita lihat manfaat konten pilar.

Sesuai Niche Audiens dan Konten Lebih Terencana

Konten pilar secara umum dapat membantu Anda menargetkan audiens yang Anda inginkan. Itu bisa memberikan dasar untuk bikin konten sesuai visi Anda dan menarik customer berpotensi. Ini pada akhirnya akan membantu tim pemasaran Anda, dan menumbuhkan konsumen. 

Konten Anda juga menjadi lebih spesifik dan terencana, serta membantu pemasar mendapatkan inspirasi dan ide. 

SEO

Terbukti, konten pilar memainkan peran penting dalam mengoptimalkan search engine optimization (SEO) untuk memastikan struktur situs web yang terorganisir dengan baik dengan pengaturan dan navigasi hierarkis.

Konten pilar mempermudah pengunjung untuk menavigasi situs web perusahaan, mesin telusur cenderung memberikan skor SEO yang baik. Ini karena mesin pencari mengevaluasi situs web secara keseluruhan, daripada memeriksa setiap halaman secara terpisah.

Baca Juga: Mengenal Komponen, Pengertian dan Cara Optimasi SEO On Page

Menambahkan Konversi dan Memperkuat Brand 

Manfaat lain yang pilar konten bisa beri ke bisnis Anda adalah meningkatkan konversi. Memiliki jenis konten yang didukung dengan konten menarik dan spesifik akan meningkatkan consumer untuk mau interaksi atau membeli produk atau layanan Anda.

Pilar konten juga bisa membuat Anda membangun merek yang lebih kuat. Pilar konten adalah panduan untuk membantu membuat konten yang memiliki visi yang ringkas dan jelas, serta mencegah konten yang tidak konsisten. 

Tips Membuat Content Pillar dengan Tepat

Cara memiliki content marketing yang baik, pertama-tama kita perlu mengetahui cara membuat pilar konten agar Anda dapat menerapkannya dengan efektif. Berikut adalah tips membuat konten pilar. 

Riset marketplace

Sebelum membuat konten, Anda harus meneliti audiens target Anda terlebih dahulu. Kita harus melakukan riset pasar secara menyeluruh dan menganalisis kebutuhan dan keinginan konsumen. Setelah Anda melakukan riset, Anda dapat mulai membuat konten yang Anda inginkan.

Beberapa contoh yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan survei, wawancara, dan melakukan penelitian kualitatif.

Riset Tren Industri dan Kompetitor

Meneliti tren industri dan pesaing Anda juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan.  Anda harus mengetahui tren terbaru dan pasar untuk menawarkan produk dan layanan Anda. Riset ini akan membantu tim marketing untuk bikin konten yang relevan, dan membantu untuk bikin konten yang lebih menonjol dari kompetitor. 

Menyusun Konten Pilar

Saat kita membuat pilar konten, ada 3 jenis topik yang dibutuhkan. Ketiga topik tersebut adalah head term, core topic, dan subtopic, yaitu: 

  • Head term biasanya merupakan topik sentral yang terdapat dalam kategori konten. Misalnya penyakit demam.
  • Core topic adalah topik yang membantu memperjelas atau menjelaskan konteks dari content category. Salah satu contohnya adalah bagaimana cara mencegah penyakit demam.
  • Subtopic adalah kumpulan aset topik yang dapat dimasukkan ke dalam konten Anda. Misalnya cara menyembuhkan penyakit demam, atau kebiasaan yang bisa membuat seseorang terkena penyakit demam. 

​​Namun, tidak ada aturan atau standar tentang bagaimana membentuk pilar konten. Bagian terpenting adalah membuat konten Anda ringkas, lengkap, dan mudah digunakan sebagai referensi. Pastikan saat membuat pilar konten sesuai dengan brand bisnis Anda, dan kebutuhan audiens yang Anda targetkan.

Pilar konten merupakan hal yang sangat utama dalam pembuatan konten, dan manfaatnya bisa membuat bisnis Anda berkembang. Semoga dengan artikel ini Anda dapat menggunakan pilar konten untuk membantu perencanaan konten Anda.

Nggak Perlu Bingung Mulai Content Marketing dengan Ertri Indonesia

Content marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan konten untuk menarik dan mempengaruhi konsumen Anda untuk membeli produk atau layanan. Melalui konten yang relevan, pemasaran konten memiliki potensi untuk membangun pelanggan setia. Oleh karena itu, pemasaran konten adalah hal penting untuk mengembangkan bisnis.

Pernah kepikiran bagaimana cara membuat konten untuk produk bisnis Anda? Tidak perlu bingung atau panik, Ertri Indonesia hadir untuk membantu konten bisnis Anda dengan jasa seperti sosial media manajemen, KOL manajemen, desain visual, iklan digital, dan 

pengembangan website.