Social Media

Analisis Media Sosial Bantu Tingkatkan Bisnis Digital


Analisis Media Sosial Bantu Tingkatkan Bisnis Digital

Media sosial adalah platform yang fantastis sehingga memungkinkan perusahaan Anda berinteraksi dengan pelanggan di berbagai tempat belahan dunia lainnya. Namun, platform ini juga membuat persaingan di pasar menjadi lebih ketat. Melakukan analisis media sosial bisnis dapat menentukan langkah selanjutnya demi mengembangkan perusahaan. 

Oleh karena itu, analisis media sosial diperlukan agar dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang audiens Anda dan memposisikan merek untuk melebihi pesaing-pesaing. 

Mau tahu lebih lanjut mengenai analisis media sosial? Yuk, mari cari tahu lebih lanjut dari analisis media sosial di bawah ini!

Apa itu Analisis Media Sosial?

Analisis media sosial adalah metode untuk menemukan dan mengumpulkan informasi berharga dari media sosial. Informasi yang didapat berupa tanggapan percakapan, dapat digunakan dalam konteks bisnis, terutama sebagai faktor dalam merumuskan rencana perusahaan.

Praktik analisis media sosial juga mencakup mempelajari pesaing. Anda dapat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang sektor bisnis dan menentukan teknik mana yang efektif dengan melakukan ini.

Analisis media sosial juga bisa menganalisa kompetitor dalam proses bisnisnya secara digital. Jika melakukan hal ini bisa memiliki gambaran umum yang lebih jelas. Bahkan lewat menganalisa media sosial dapat membuat strategi marketing modern untuk memenangkan kompetisi dengan para kompetitor.

Selain itu, analisis media sosial tidak hanya dilakukan tanpa sebuah tujuan tertentu. Secara sederhana tujuan analisis media sosial dapat membantu perusahaan mengidentifikasi apakah sebuah kampanye media sosial yang dibuat berhasil memberikan dampak positif kepada audiens atau sebaliknya.

Baca juga: Manfaat Media Sosial untuk Bisnis di Era Digital!

Manfaat Melakukan Analisis Media Sosial

Melakukan analisis media sosial memungkinkan Anda mendapatkan akses ke banyak data dan informasi penting yang dapat mempengaruhi kesuksesan bisnis. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan analisis media sosial.

Menemukan Minat dari Audiens

Menemukan tren yang saat ini sedang muncul dan diminati oleh audiens dapat menarik perhatian audiens. Hal ini tentu dilakukan dengan cara melakukan analisis media sosial. Misalnya, jenis informasi apa yang mereka nikmati atau topik apa yang sedang tren saat ini. Jika melakukan analisis media sosial dan menggunakan pengetahuan ini dapat menghasilkan konten menarik.

Mempelajari Kompetitor

Menganalisa media sosial dapat mempelajari kampanye kompetitor dan mengikuti aktivitas media sosial mereka. Jika melakukannya tentu dapat menganalisis strategi dari pesaing dan menentukan kelebihan dan kekurangan mereka. Sebaiknya menggunakan pengetahuan ini untuk mengembangkan rencana masa depan yang akan lebih efektif.

Mencapai Keunggulan dalam Persaingan Kompetitor

Jika melakukan analisa media sosial dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang kategori pasar dan audiens. Hal ini dapat memberikan pengukuran berbobot mengenai teknik-teknik yang efektif dan yang tidak, sehingga lebih mudah untuk mengembangkan produk atau layanan yang sesungguhnya dibutuhkan oleh masyarakat.

Tahapan Melakukan Analisis Media Sosial

Saat melakukan analisis media sosial, terdapat dua tahap yang harus diikuti agar analisisnya tepat. Berikut tahapan melakukan analisis media sosial yang bisa dilakukan.

Lakukan Pemantauan Kata Kunci

Langkah awal dalam analisis media sosial adalah mengumpulkan informasi dari kata kunci yang terkait. Berikut tahapan dalam melakukan pemantauan kata kunci yang harus dilakukan.

  1. Mula-mula ketikkan nama brand di mesin penelusuran media sosial yang digunakan. Lihat unggahan yang sudah dipublikasikan kepada audiens.
  2. Biasakan untuk menggunakan hashtag campaign brand. Lihat hal apa saja yang akan dibicarakan orang-orang tentang Anda dan berapa banyak interaksi yang terlibat dalam pembicaraan tersebut.
  3. Menggunakan kata kunci terkait dengan target audience dan product niche. Pastikan kata kunci masih berhubungan dengan hal tersebut.

Evaluasi Metrik Media Sosial

Studi data media sosial memudahkan pencapaian tujuan bisnis. Langkah-langkah ini meliputi volume mention, sentiment publik, dan jumlah shares.

Jika tujuan perusahaan Anda adalah meningkatkan awareness dengan indikator ini dapat membantu melacak perkembangan merek. Selain itu, semakin banyak orang yang akan berbicara tentang produk atau layanan Anda seiring dengan meningkatnya jumlah berbagi yang diterima.

Hal yang Diukur di Analisis Media Sosial

Tidak mengherankan bahwa analisis media sosial menjadi aspek penting bagi perusahaan karena banyaknya keuntungan yang diperoleh. Berikut hal yang diukur di analisis media sosial 

Performance Metrics

Performance metrics secara keseluruhan adalah hal pertama yang dievaluasi melalui analisis media sosial. Efektivitas media sosial diukur melalui metrik seperti reach dan impressions, tingkat interaksi, dan pertumbuhan followers akun.

Audience Analytics

Audiens adalah aspek paling krusial dalam media sosial karena melalui hal ini tujuan bisnis akan tercapai. Dengan memahami audiens melalui analisis media sosial dapat memberikan pengalaman yang ideal kepada pelanggan untuk meningkatkan loyalitas merek mereka.

Competitor Analytics

Analisis media sosial dapat membantu memahami kompetitor. Metrik ini memiliki kesempatan untuk menilai kinerja pesaing dan membandingkannya dengan bisnis Anda sendiri. Ini bisa menjadi keuntungan dan lebih akurat menentukan rencana untuk bisnis.

Paid Social Analytics

Jika ingin melakukan paid social analytics hal yang harus dilakukan adalah menggunakan metode display advertising dengan sistem pemasaran berbayar. Ini akan membantu menghitung biaya iklan dan perkiraan keuntungan yang diperoleh dengan metode ini. Kemudian dapat mengembangkan rencana untuk memastikan bahwa iklan yang dijalankan tidak menghabiskan terlalu banyak uang.

Influencer Analytics

Influencer memainkan peran penting dalam kampanye pemasaran. Mereka memiliki pemahaman yang kuat tentang industri dan tahu bagaimana mendorong partisipasi.

Anda dapat memperoleh informasi dan fakta baru yang membantu merumuskan strategi dengan mengamati dan mempelajari para influencer. Mulai dari jangkauan audiens, tanda pagar yang sering digunakan, efek dari setiap postingan, frekuensi postingan harian, dan data penting lainnya.

Sentiment Analysis

Hal yang juga diukur dalam melakukan analisis media sosial adalah sentiment analysis terhadap sebuah kampanye. Anda dapat menilai apakah audiens memiliki perasaan positif atau negatif tentang kampanye yang dirancang.

Baca juga: Memahami Analisis Konten Media Sosial

Jenis Social Media Analytics Tools

Dalam analisis media sosial, ada tools yang Anda bisa gunakan untuk membantu koleksi data. Berikut adalah beberapa tools analisis media sosial yang bisa digunakan.

Google Analytics

Selain digunakan sebagai analisis situs website, Google Analytics ternyata juga bisa digunakan untuk memahami pemasaran dan sumber trafik di media sosial. Google Analytics bisa dibilang sebagai tools analisis media sosial gratis,namun pastikan terhubung dengan website dan akun Instagram. Fitur Google Analytics yang bisa dimanfaatkan, yaitu:

  • Membantu menemukan media sosial dan komunitas yang menjadi audiens berinteraksi dengan konten yang dibuat.
  • Menampilkan ukuran nilai media sosial melalui analisis konversi dan transaksi e-commerce.
  • Membantu melihat bagaimana audiens dari media sosial navigasi situs.   

Hootsuite

Hootsuite merupakan salah satu aplikasi analisis media sosial yang banyak dikenal oleh orang untuk menganalisis performa akun. Namun, jika ingin menggunakan tools  ini harus berlangganan bulanan atau tahunan. Fitur yang diberikan Hootsuite,yaitu:

  • Social media report yang bisa diatur dengan lebih dari 200 metriks dan bisa diekspor menjadi dokumen dengan format lain, seperti Powerpoint, Excel, atau PDF.
  • Bisa mengukur waktu respons dari tim customer support yang ada di Facebook dan Twitter.
  • Membantu melacak brand mentions melalui integrasi tools khusus seperti Brandwatch dan Talkwalker.
  • Bisa melacak brand mentions dengan integrasi tools khusus untuk media sosial seperti Facebook, YouTube, dan lainnya.

Sprout Social

Sprout Social juga tidak hanya menawarkan fitur pemantauan media sosial, tetapi juga fitur manajemen dan analisis konten media sosial. Tools ini mampu menganalisis secara kontekstual dan kualitatif mengenai sebuah topik. Bahkan tools ini juga mampu menganalisis dengan cara yang sama pada hashtag hingga kata kunci. 

Jika ingin menggunakan Sprout Social harus melakukan langganan bulanan atau tahunan, namun bisa mencoba masa free trial yang ditawarkan. Fitur yang diberikan dari Sprout Social, yaitu:

  • Menganalisis performa kampanye berbayar di seluruh jaringan media sosial.
  • Menampilkan group report mengenai akun media sosial.
  • Menganalisis performa tim seperti, tugas, tingkat response, dan lainnya.
  • Terintegrasi dengan banyak media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan Pinterest. 

Talkwalker 

Memanfaatkan Talkwalker bisa untuk mengukur dan membandingkan kinerja. Bahkan bisa digunakan untuk mengukur di seluruh channel media sosial yang tersedia. Selain itu, Talkwalker juga mampu melakukan pencarian keyword dan hashtag secara tak terbatas serta menyediakan beragam data mengenai postingan terpopuler, brand mentions, sentiment, dan lainnya. 

Namun jika ingin menggunakan Talkwalker dan menjadikannya sebagai contoh analisis media sosial harus berlangganan terlebih dahulu dalam jangka waktu bulanan atau tahunan.

Buat Analisis Media Sosial Lebih Mudah bersama Ertri Indonesia

Menganalisis media sosial memang mampu membantu tingkatkan performa akun. Melakukan hal tersebut bisa dilakukan secara manual atau menggunakan third party tools media sosial analisis. Pastikan untuk memilih menggunakan metriks dan channel media sosial yang akan diukur.

Namun jika mengalami kesulitan dalam menganalisis media sosial bisa bekerja sama dengan Ertri Indonesia. Kami menyediakan layanan social media management yang di dalamnya terdapat layanan analisis media sosial akun hingga kompetitor.