4 Tools AI Copywriting yang Bantu Membuat Konten Menarik

Membuat konten yang menarik adalah tugas dari seorang copywriter. Lewat konten yang memaksimalkan teknik dan formula copywriting dapat membuat audiens terkesan. Namun, hal tersebut tentu tidak mudah. Seorang copywriting harus banyak belajar copywriting, mulai dari memahami product knowledge, menentukan audiens, gaya bahasa, hingga melihat kompetitor. Bahkan saat ini copywriting juga dibantu melalui tools Artificial Intelligence copywriting.

Mau tahu mengenai tools AI copywriting secara lengkap? Yuk, cari tahu lebih lanjut di bawah ini!

Skill Copywriters yang Dibutuhkan agar Sukses Tingkatkan Bisnis

Seorang copywriter memiliki tanggung jawab untuk membuat kata dalam kalimat singkat untuk membuat konten yang menarik bagi audiens. Oleh karena itu, copywriter memerlukan skill copywriting yang baik. Berikut skill yang diperlukan baik hard skill atau soft skill.

Penulisan Kreatif

Skill utama yang dibutuhkan sebagai copywriting adalah kemampuan menulis kreatif. Jelas berbeda antara penulisan website untuk seorang content writer dengan copywriter yang membuat tulisan singkat dan padat, tetapi menarik perhatian pembaca. Indikator yang membuat seorang copywriter adalah membuat suatu topik yang rumit menjadi mudah dipahami.

Menulis Judul Menarik

Membuat judul yang menarik adalah langkah pertama untuk menarik perhatian pembaca sejak dari awal. Seorang copywriter wajib membuat sebuah judul yang menarik, maka kemungkinan isi promosi sebuah produk dibaca akan lebih besar.

Rasa Penasaran yang Tinggi

Seorang copywriter wajib memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Sebagai orang yang bertanggung jawab membuat tulisan yang dapat menarik pembaca secara singkat dan padat. Oleh karena itu, seorang yang mengetahui produk tersebut secara lebih dalam. Tujuannya agar dapat menulis secara efektif, namun tetap memberikan informasi yang dibutuhkan.

Mengutamakan Kenyamanan Pembaca

Memahami bagaimana keinginan pembaca adalah hal yang perlu diperhatikan oleh seorang copywriter. Seorang pembaca tidak ingin terlalu lama dan panjang dalam membaca. Sehingga, seorang copywriter harus memperhatikan susunan kalimat yang tepat agar dipahami oleh pembaca.

Mengetahui Target Audiens

Memahami target audiens sangat penting bagi seorang copywriter pahami. Alasannya untuk menarik minat audiens dalam membaca suatu produk. Oleh karena itu, penulisan harus sesuai dengan target audiens.

Baca juga: Content Pillar adalah Langkah Mudah untuk Membuat Konten

Formula Copywriting yang Membuat Konten Banjir Likes dan Comment

Konten yang menarik adalah konten dengan engagement yang tinggi. Jika seorang copywriter ingin berhasil mendapatkan konten dengan jumlah likes dan comment yang banyak harus menerapkan contoh copywriting yang menarik. Berikut formula copywriting yang bisa dijadikan sebagai belajar copywriting gratis.

Formula PAS

Formula PAS merupakan singkatan dari Problem (masalah), Agitate (kegelisahan), dan Solution (solusi). Problem (masalah) adalah dengan menunjukkan masalah yang audiens hadapi. Kemudian agitate (membuat gelisah) adalah dengan membuat audiens merasa masalah tersebut bisa memburuk jika tidak diatasi, sehingga membutuhkan solusi. Terakhir solution (solusi) adalah dengan memberikan solusi dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

Copywriting contoh dari formula PAS, yaitu “Mencari jawaban di Google membuat kami frustasi karena hanya mendapatkan satu solusi untuk semua. Belum lagi kurangnya sumber daya untuk mengeksplor pengobatan alternatif. Oleh karena itu, kami menciptakan HidupSehat, obat-obatan alami dengan teknologi modern.

Formula 4C

Formula 4C merupakan singkatan dari Clear (jelas), Concise (ringkas), compelling (menarik), dan credbile (kredibel). Formula ini wajib dikemas secara langsung untuk menyasar inti pesan yang ingin disampaikan.

Secara singkat 4C merupakan Clear (jelas) berarti harus menggunakan bahasa yang jelas sehingga target audiens memahami apa yang disampaikan. Concise (ringkas) berarti menulis langsung ke poin dan menggunakan kata secukupnya. Compelling (menarik) berarti menangkap perhatian dan minat pembaca menggunakan cerita, fokus terhadap masalah mereka, dan sediakan solusi.

Formula AIDA

Formula AIDA memang sudah banyak orang ketahui. Formula ini merupakan singkatan dari Attention (perhatian) yang dapat memikat pembaca melalui sebuah pertanyaan retorika atau pernyataan. Interest (minat) yang mampu mengatasi masalah pembaca serta memberikan informasi baru dan menarik. Desire (hasrat) yang dapat memicu emosi tertentu dari dalam diri pembaca dan membuat mereka ingin mengetahui produk. Action (tindakan) yang berisikan ajakan lewat call-to-action yang jelas.

Formula ACCA

Formula ACCA juga hampir mirip dengan merupakan Awareness (kesadaran), Comprehension (pemahaman), Conviction (keyakinan), dan Action (tindakan). Awareness (kesadaran) adalah membawa masalah yang dapat diatasi oleh sebuah produk atau layanan. Comprehension (pemahaman) membuat audiens menjadi memahami realita masalah. Conviction (keyakinan) dapat meyakinkan mereka untuk mengatasi masalah tersebut. Sedangkan Action (tindakan) dapat membuat mereka bertindak.

Tools Terbaik AI Copywriting

Sebelumnya sudah dijelaskan mengenai apa itu copywriting mulai dari definisi hingga formulanya. Namun, saat ini teknologi semakin canggih yang dapat memungkinkan seorang copywriter dapat tergantikan oleh mesin. Meski demikian mesin tidak bisa membuat tulisan yang sesuai dengan emosi audiens, tetapi dapat membantu seorang copywriter untuk bekerja lebih mudah. Berikut tools terbaik AI copywriting yang bisa digunakan.

Chat GPT

ChatGPT merupakan salah satu tools copywriting yang sangat populer hingga saat ini. Alat ini mampu memberikan jawaban yang lengkap melalui prompt yang jelas. Terlebih tools copywriting ini bisa diakses secara gratis dengan fitur lengkap. Namun, jika ingin memiliki Chat GPT Plus cukup murah sekitar 20 USD per bulan.

Jasper 

Jasper AI bisa menjadi tools untuk menyusun atau membuat copy content dengan mudah. Singkatnya, alat ini memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan AI Google Workspace yang mengedepankan kerja sama tim. 

Sayangnya, Jasper ini memiliki keterbatasan untuk pemakaian secara gratis, yaitu 10.000 kata konten saja. Apabila lebih dari jumlah tersebut harus membeli paket Jasper mulai harga 24 USD hingga 500 USD per bulan.

Copy.ai  

Copy.ai adalah tools yang mirip dengan manusia. Tools ini dapat memberikan rekomendasi topik dan juga memberikan arahan kreatif, sehingga tidak perlu banyak mengedit hasil tulisan tersebut. Selain itu, alat ini juga sangat mudah digunakan karena step by step brief yang akan sangat membantu. Tools ini bisa digunakan secara gratis meski jumlah maksimal kata, yaitu 2.000 kata perbulan. Namun, jika ingin berlangganan hanya 49 USD per bulan saja.

QuillBot

Alternatif tools AI copywriting bisa menggunakan QuillBot untuk menulis copy content. Namun, tools ini tidak bisa membuat konten baru, tetapi melakukan rephrase pada konten yang sudah ada agar bentuknya lebih unik berbeda dengan yang lain. Tools ini dapat membantu copywriter untuk menyederhanakan dan membuat konten yang lebih singkat, padat, dan jelas.

Baca juga: Content Strategy adalah Cara Mengembangkan Bisnis yang Tepat!

Buat Konten dengan Menarik bersama Ertri Indonesia

Membuat konten yang menarik dengan gaya penulisan sesuai brand adalah kunci utama dalam menarik perhatian audiens. Terlebih hal ini bisa menjadi langkah untuk meningkatkan penjualan. Namun, pastikan konten yang dibuat menggunakan bahasa yang padat dan menarik.

Bingung membuat konten yang bisa menarik perhatian audiens? Nggak perlu khawatir lagi! Ada Ertri Indonesia yang bantu Anda dalam meningkatkan bisnis melalui konten yang menarik. Tidak hanya itu saja Ertri Indonesia juga memiliki layanan lainnya, seperti KOL Management, Website Development, Digital Ads, Visual Design, dan SEO Management. Semuanya bisa kami bantu kerjakan untuk optimalkan bisnis Anda.